Tips Praktis Untuk Membeli Rumah

Tips Praktis Untuk Membeli Rumah

Membeli rumah itu memang gampang-gampang sulit. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali akan melakukan pembelian rumah. Membeli rumah baru memang merupakan idaman bagi setiap orang, terlebih lagi bagi pasangan yang baru menikah. Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembelian rumah. Mulai dari informasi tentang rumah yang akan di jual sampai dengan cara pembayaran yang akan dilakukan.  Jika Anda adalah salah satu keluarga baru atau sedang berencana untuk membeli rumah pertama? Jangan sepelekan hal-hal berikut di bawah ini agar tidak menyesal di kemudian hari dan juga agar proses transaksi Anda dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk membeli rumah yang harus anda lakukan diantaranya :

 Menabung

Jika Anda sudah berada dalam tahap ini, saya rasa Anda sudah cukup ahli dalam menghemat uang. Jika Anda sudah tahu seberapa besar uang muka untuk membeli rumah, tentu anda akan mudah untuk menentukan seberapa besar uang yang akan ditabung. Tapi ada beberapa hal lain mengapa Anda harus punya sedikit uang lebih. Tabungan ini tentu akan sangat membantu Anda untuk menutupi biaya tak terduga di saat suku bunga naik dan biaya cicilan Anda juga meningkat. Setelah memutuskan membeli rumah, alokasikan biaya tambahan diluar harga beli rumah. Biaya tambahan ini biasanya meliputi Ppn, biaya KPR, biaya peningkatan BPHTB dan sebagainya. Kisarannya beragam, dan untuk berjaga-jaga biasanya besaran biaya tambahan ini berkisar 15 persen sampai dengan 20 persen.

Memilih Lokasi

Lokasi merupakan faktor paling penting ketika kita akan melakukan pembelian rumah. Maka wajar jika di dunia properti orang mengenal istilah, lokasi, lokasi dan lokasi. Pemilihan lokasi yang tepat akan membuat anda menjadi betah untuk tinggal di lokasi tersebut. Lokasi tersebut berkaitan dengan akses transportasi, ruas jalan, ketersediaan fasilitas umum, aman tidaknya dari bahaya banjir dan sebagainya.

Harga Pasaran Rumah Di Lokasi Sekitar

Anda perlu merencanakan terlebih dahulu, berapa harga rumah yang ingin di beli? Sehingga Anda lebih fokus di perumahan yang menawarkan harga sesuai dengan yang di inginkan. Cari tahu berapa harga pasaran rumah pada lokasi sekitar yang akan di beli, agar anda tidak membelinya dengan harga yang terlalu mahal. Dengan begitu maka anda tidak akan tertipu dalam membeli rumah.

Track Record Developer

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang baru, ada baiknya jika anda lihat dulu siapa pengembangnya dan bagaimana track record developer selama ini. Apakah sering terlambat dalam melakukan proses serah terima rumah serta bagaimana kualitas bangunan pada project-project perumahan sebelumnya yang telah di bangun. Untuk mengetahuinya Anda bisa mencari testimoni tentang perumahan atau developer tersebut di internet.

Kelengkapan Fasilitas

Anda bisa memilih rumah sesuai keinginan Anda dengan beragam fasilitas yang ditawarkan oleh developer. Fasilitas setidaknya bisa dilihat baik fasilitas intern dan ekstern. Fasilitas intern biasanya meliputi tempat ibadah, tempat olahraga dan taman bermain. Sedangkan fasilitas ekstern seperti kedekatan perumahan itu dengan rumah sakit, sekolah, pasar dan tempat rekreasi keluarga. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi calon pembeli.

Cara Pembayaran

Ada beberapa cara pembayaran rumah yang biasanya ditawarkan oleh pengembang yaitu tunai keras, tunai bertahap dan KPR. Bagi Anda yang memiliki kemampuan keuangan yang cukup, cara bayar tunai keras tentu menjadi pilihan. Developer akan memberikan diskon yang besar pagi pembeli dengan cara ini. Tapi bagi yang kemampuan keuangannya pas-pas an, cara bayar KPR dan tunai bertahap yang panjang tentu menjadi primadona bagi pembeli.

Pastikan Kapan Serah Terima Unit

Bertanyalah pada developer, kapan Anda bisa menempati unit rumah yang Anda beli. Jika terjadi keterlambatan, konsekuensi apa yang akan diterima oleh developer.

Share