Tips Ingin Menjual Properti Milik Pribadi

Tips Ingin Menjual Properti Milik Pribadi

  1. Siapkan Kelengkapan Dokumen

Saat anda mau jual property anda baik itu rumah, ruko, kios/toko, atau tanah, anda butuh mempersiapkan sebagian dokumen yang bisa memberikan keyakinan konsumen bahwa property anda penuhi 3 persyaratan yang layak beli : Bebas (tak dalam sengketa), Bersih (tak dihuni oleh pihak yg tidak berwenang), Terang (ukuran tanah serta bangunan dan gambar IMB nya sesuai sama sertifikat serta IMB).

Dokumen yang butuh disiapkan :

Sertifikat tanah dari property itu + foto copy nya

IMB (jika ada bangunan di atas tanah punya anda) + foto copy nya

Bukti pembayaran pajak + foto copy nya

KTP anda juga sebagai yang memiliki property + foto copy nya

  1. Memastikan Harga Yang Tepat

Memastikan harga jual satu property terbilang gampang-gampang sulit, lantaran anda bisa jual sangatlah murah atau sangatlah mahal seandainya ada yang ingin. Yang butuh diingat, memastikan harga jual rumah yang terlampau tinggi bisa menyebabkan rumah anda tak cepat laris terjual.

Keuntungan memastikan harga property yang pas :

 Property anda bakal dipandang oleh semakin banyak calon konsumen yang mempunyai motivasi untuk beli. Rumah anda juga bakal terjual lebih cepat.

Rumah anda akan tidak kehilangan pamor dengan ada terlampau lama di pasar.

Makin harga nya dekat dengan nilai pasar rumah di seputar rumah anda, makin banyak penawaran serius yang anda dapatkan.

Banyak hal lain yang di perhatikan konsumen diantaranya :

Lokasi

Kontur tanah

Akses jalan menuju tempat properti

Style arsitektur bangunan

Kerapian Finishing bangunan

Sarana lingkungan

Nilai lebih yang lain (swimming pool, garden yang indah, tak ada kebocoran, garasi/carport yang luas, bonus lukisan, kitchen set berkwalitas dan lain-lain)

  1. Usaha Mengoptimalkan Penampilan Rumah Anda

Seperti menjodohkan anak gadis anda, pasti tampilan rumah yang bakal di jual mesti semenarik mungkin saja serta kelebihan-kelebihannya di perlihatkan supaya calon konsumen jatuh cinta waktu lihat pertama kalinya. Anda bisa mengoptimalkan penampilan rumah dengan lakukan beberapa hal tersebut :

  • Menceritakan bahwa rumah ini mempunyai nilai special atau nilai history sendiri (jika ada) umpamanya saat sebelum anda, pemiliknya yaitu seseorang gubernur atau artis. Dapat pula arsitek yang dahulu mendesain yaitu arsitek populer.
  • Menyingkirkan bau-bau yang menggangguseperti bau got, serta sebagian pojok rumah yang tidak sering dibikin bersih dari tumpukan barang sisa atau ruang yang tergenang air hujan/air kotor.
  • Buat rumah berkesan netral. bebaskan foto-foto pribadi ataupun photo pujaan anda, serta beberapa hal yang memiliki kandungan ideologi, politis serta beberapa hal etnik lain yang melekat pada dinding, rumah yang netral mempermudah konsumen untuk memikirkan bagaimanakah dia membenahi rumah ini jika membelinya. Perasaan untuk mau mempunyai rumah ini dapat jadi lebih kuat.
  • Buka tirai, jendela serta nyalakan lampu. Situasi jelas serta lega bakal lebih menarik ketertarikan konsumen saat lihat rumah anda.
  • Buat perbaikan-perbaikan kecil. Seperti ganti lampu yang mati, ganti keran yang berkarat, melakukan perbaikan jendela atau engsel yang rusak/punya masalah, water proofing tembok yang berjamur disebabkan air rembesan, cat lagi jika catnya telah sangatlah lama serta berwarna norak.
  • Upayakan jagalah senantiasa tampilan serta kebersihan dalam keadaan sempurna. Bersihkan garden supaya tampak fresh serta cantik, bersihkan debu-debu yang melekat pada furniture serta jendela/pintu, bersihkan penampilan dapur, dan lain-lain.
Share