KPR Rumah Second Solusi Mencari Tempat Tinggal yang Mudah untuk yang Berpenghasilan Tetap

KPR Rumah Second Solusi Mencari Tempat Tinggal yang Mudah untuk yang Berpenghasilan Tetap

Rumah menjadi kebutuhan utama, khususnya bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Namun sekarang kebutuhan ini menjadi sangat sulit terpenuhi. Solusi dari persoalan ini kemudian adalah KPR atau Kredit Perumahan Rakyat. Tidak hanya menjual rumah-rumah baru yang terletak di perumahan, sekarang telah hadir KPR rumah second, sebagai solusi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni namun tetap murah.

Melalui Bank BTN, kini KPR rumah second bisa menjawab kebutuhan Anda untuk memiliki tempat tinggal. Anda bisa mengajukan beberapa syarat yang mudah dalam memperolehnya Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengisi formulir permohonan. Di samping itu, Anda juga harus mempersiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami-istri  sebanyak 3 lembar untuk suami-istri, ditambah 10 lembar untuk si pemohon. Selanjutnya siapkan pula pas foto berwarna (milik suami dan istri) dengan ukuran 4×6, masing-masing sebanyak 2 lembar. Fotokopi NIP/NRP/Karpeg. juga dibutuhkan; untuk syarat yang satu ini, bisa dilampirkan milik suami-istri jika keduanya bekerja. Kemudian, fotokopi peserta Astek/TASPEN/ASANRI juga akan Anda perlukan. Berikutnya, Anda bisa sertakan Buku Tabungan Uang Muka/ TUM Batara BTN. Lengkapi lagi berkas Anda dengan fotokopi surat nikah sebanyak dua lembar, kartu keluarga yang dilegalisasi oleh lurah atau kepala desa sebanyak 2 lembar, dan fotokopi surat pengangkatan minimal 1 tahun serta surat keterangan masih bekerja yang dikeluarkan oleh perusahaan. Surat pengangkatan dan keterangan bekerja bisa Anda lampirkan dari milik Anda dan istri, atau sebaliknya.

Selanjutnya, Anda sebagai pemohon harus menyerahkan slip gaji terakhir yang telah dilegalisasi, baik milik suami atau istri (jika keduanya bekerja), fotokopi PPh atas nama karyawan yang bersangkutan, atau SIUP/NPWP. Jika Anda menngajukan KPR yang lebih dari 50 juta rupiah, Anda harus menyertakan NPWP pribadi. Siapkan juga rekening tabungan 3 bulan terakhir, materai, juga perjanjian pendahuluan yang harus Anda tandatangani. Perlu Anda ketahui bahwa batas penghasilan minimal dalam mengajukan KPR rumah secondini adalah 3 kali cicilan. Itulah syarat pengajuan KPR BTN yang bisa Anda penuhi jika Anda telah berpenghasilan tetap.

Share