Cara Mengajukan KPR untuk Memudahkan Pengajuan

Cara Mengajukan KPR untuk Memudahkan Pengajuan

Memiliki rumah pribadi adalah impian bagi setiap orang, namun dengan perekonomian nasional yang cenderung kurang stabil membuat mimpi membeli rumah tinggal mimpi. Tidak dapat dipungkiri bila harga perumahan semakin tahun semakin melambung naik sehingga semakin tidak terjangkau untuk sebagian kalangan. Ditengah kondisi yang seperti ini bank-bank terkemuka seperti BTN memberikan fasilitas KPR atau kredit pemilikan rumah. KPR ini memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin membeli rumah dengan memberikan sejumlah pinjaman. Sama halnya dengan pinjaman lain, KPR juga harus dicicil perbulan dengan persen bunga yang telah disepakati. Bunga yang ditawarkan ada dua yaitu tetap dan bunga mengambang.

Bagi sebagian orang, mengajukan kredit KPR merupakan proses yang ribet dan panjang. Namun, bila sudah mengetahui triknya, mengajukan KPR tidaklah sesulit yang dibayangkan. Berikut ini ada beberapa langkah cara mengajukan KPR yang bisa menjadi panduan anda.

  1. Persiapkan identitas

Identitas sangat diperlukan dihampir segala kegiatan keseharian kita termasuk ketika mengajukan KPR. Persiapkan berbagai identitas yang diperlukan seperti fotokopi KTP suami dan istri, akta nikah/cerai/kematian, kartu keluarga, NPWP, pas foto 3×4, serta surat sehatdari dokter.

  1. Persiapkan keterangan penghasilan

Pada poin ini sangat diperlukan untuk memutuskan apakah pemohon bisa membayar angsuran dikemudian hari. Surat keterangan penghasilan ini diperlukan bagi mereka yang berpenghasilan tetap maupn tidak tetap. Data perkerjaan adan penghasilan yang dibutuhkan adalah fotokopi NIP/SK, surat keteranga perusahaan, dan slip gaji. Bagi yang berpenghasilan tidak tetap bisa mempersiapkan surat keterangan lurah/desa, rincian pernghasilan, SPT tahunan, SIUP/NPWP dan sejenisnya.

  1. Dokumen pelengkap

Pihak bank mungkin akan meminta foto kopi buku tabungan anda dan juga fotokopu sertifikat tanah.

Setelah semua persyaratan lengkap, anda bisa mengajukan permohonan KPR pada bank BTN melalu customer service yang ada di bank. Kemudian anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran dengan data diri anda. Setalah itu, anda akan diminta menunggu selagi pihak bank mensurvey rumah anda. Bila anda lolos survey, pihak bank akan memberitahu melalui telepon untuk memproses KPR lebih lanjut atau mengambil berkas bila anda ditolak pihak bank.

Share